TES DAYA DENGAR

Test Daya Dengar (TDD)


Anak tidak dapat belajar  berbicara atau mengikuti pelajaran sekolah dengan baik tanpa pendengaran yang baik. Oleh karena itu perlu deteksi dini fungsi pendengaran. Tujuan TDD adalah untuk menemukan gangguan pendengaran secara dini, agar dapat segera ditindak lanjuti untuk meningkatkan kemampuan daya dengar dan bicara anak.

TDD dapat dilakukan setiap 3 bulan pada bayi usia < 12 bulan dan setiap 6 bulan pada anak oleh tenaga kesehatan, guru TK/PAUD terlatih.
Peralatan yang diperlukan adalah instrumen untuk TDD sesuai usia anak, gambar binatang (ayam, anjing, kucing), manusia dan mainan(boneka, kubus, sendok, cangkir dan bola).


Tes Daya Dengar ini berupa pertanyaan-pertanyaan yang disesuaikan dengan kelompok usia anak. Jawaban ‘ya’ jika menurut orang tua/pengasuh, anak dapat melakukan perintah dan jawaban ‘tidak’ jika anak tidak dapat atau tidak mau melakukan perintah. Jika anak dibawah 12 bulan, pertanyaan ditujukan untuk kemampuan 1 bulan terakhir. Setiap pertanyaan perlu dijawab ‘ya.’ Apabila ada satu atau lebih jawaban ‘tidak’, berarti pendengaran anak tidak normal, sehingga perlu pemeriksaan lebih lanjut.

BACA JUGA :

KONSEP TUMBUH KEMBANG NEONATUS, BAYI DAN BALITA

Post a comment

0 Comments