KELAINAN PADA OVARIUM

 

Definisi

Kista adalah pertumbuhan abnormal berupa kantung kelnjar yang tumbuh abnormal di bagian tubuh tertentu. Kista berisi udara,cairan, nanah.

Kista ovarium adalah suatu kantung yang berisi cairan yang tumbuh pada sekitar ovarium.

 


Klasifikasi

Berbagai macam tumor pada ovarium ada yang neoplastk dan non neoplastik. Tumor neoplastik bersifat jinak dan tidak pernah menyebar di luar ovarium. Tipe yang ganas dapat menyebar ke bagian tubuh. Tumor neoplstik yang bersifat jinak dibagi menjadi tomor kista dan tumor solid.

a.    Tumor non neoplastik  :

ü Kista folikel

ü Kista korpus luteri eum

ü Kista luteri ein

ü Kista inklusi germinal

ü Kista endometrium

ü Kista stein levental

b.    Tumor neoplastik jinak :

Ø Kistik

ü Kistoma ovary simpleks

ü Kista denoma ovarii serosum

ü Kista denoma ovarii musinosum

ü Kista endometroid

ü Kista denoid

Ø Solid

ü Fibroma, papiloma, angioma

ü Tumor Brenner

ü Tumor  sisa adari enal

 

Patofisilogi

Ovarium normal akan membentuk beberapa kista kecil yang disebut   folikel de graff. Pada pertengahan siklus, folikel dominan dengan diameter lebih dari 2,8cm akan melepaskan oositnamatur. Folikel yang rupture akan menjadi korpus luteri eum, yang pada saat matang memilii setrUmur Kehamilan tur 1,5-2cm dengan kista di tengah. Bila tidak terjadi fertilisasi pada oosit, koorpus luteri eum akan mengalami fibrosis dadn pengeruteri an secara progresit.

Namun bila terjadi fertilisasi, korpus letium akan membesar lalu secara gradual akan mengecil selama kehamilan.kista ovari yang berasal dari proses ovulasi normal disebut   kista fungsional dan slalu jinak. Kista dapat berupa folikurar dan luteri eal yag kadang- kadng di sebuteri  kista thecaluteri ein. Kista distumulasi leh gonadotropin,FSH dsn HCG. Kista neoplasia dapat tumbuh dari propilasi sel yang berlebihan dan tidak tenga bersifat ganas atau jinak.


Gejala Dan Tanda

Pada setadium awal dapat berupa gangguan haid. jika tumor menekan rectum dan kandung kemih mungkin akan terjadi konstipasi  atau sering bekimih.dapat juga terjadi peregagan dan penekanan daerah panggul yang enyebabkan yeri spantan

Pada stadium lanjut   yang terjadi berhubungan dengan adanya asites (penimbunan cairan dalam rongga panggu)penyebaran ke omentum (lemak perut  )dan organ –organ di dalam rongga perut  . perut   membuncit, kembung, mual,ganguan nafsu makan,gangguan buangair besar dan air kecil.penumpUmur Kehamilan an cairan bisa juga terjadi pada romgga dada akibat penyebran penyakait ke rongga dada yang mengakibatkanpenderita sangat merasa sesak nafas.

 

Diagnosa

Pada tumor ovarium biasanya uterus dapat diraba tersendiri, terpisah dari tumor. Jikatumor ovarium terletak di garis tengah dalam rongga perut   bagian bawah dan tumor tu konsistensinya kistik, perlu dipikirkan adanya kehamilan atau kandung kemih penuh  pada anamnesis perlulah lebih cermat dan disertai pemeriksaan tambahan.

Apabila telah ditemukan  tumor ovarium maka perlu diketahui sifat tumornya,pada umumnya tumor yang bersifat neoplastik menunjuk an gejala-gejala kea rah peradangan genital. Tumor nonneoplastik umummya tidak menjadi besar dan biasanya menghilang sendiri.

 

Pemeriksaan Penunjang

Tidak jarang tentang penegakkan diagnosantidak dapat diperleh kepastian sebelum dilakukan operasi, akan tetapi pemeriksaan yang cermat dan analisis yang tajam dari gejala-gejala yang ditemukan  dapt membantu dalam pembuatan differensial diagnosis, misalnya :

ü  Laparoskpi

ü  Ultrasonografi

ü  Foto rontgen

ü  Parasintesis

 

Penanganan

Pada tumor oarium yang tidak menimbulkan gejala akan mengalami pengecilan secara sponran dan menghilang sehingga perlu sikap menunggu selama 2-3 bulan, jik selama waktu observasi dilihat peningkatan dalam pertumbuhan tumor tersebut   maka dapat disipulkn bahwa timor tesebuteri  adalah tumor neoplasti dan dapat dipertimbangkan pengobatan opertif.

Jika terdapat keganasan operasi yang lebih tepat adalah histerektomi dan salphyngooforktomi bilateral. Kan tetapi pad wanita muda masih ingin mendapat keturuan dan tingkat kegnasan tumor  yang rendah,dapat dipertanggung jawabkan mengambil resiko dengan melakukan operasi yang tidakseberapa radikal.

 

Komplikasi

Komplikasi yang dapat terjadi adalah :

ü  Torsi

ü  Rupture

ü  Perdarahan

 

SALPHINGITIS

Definisi

Salpingitis adalah peradangan dari adnexsa,biasanya terjadi pada minggu kedua,salpingitis dapat sembuh dalam 2 minggu tapi dapat mengakibatkan seterilisasi.

 


Tanda Dan Gejala

ü  Pasien demam dan menggigil

ü  Nyeri pada perut   bagian bawah iasanya kiri dan kanan

ü  Nadi > 130x/mnt

ü  Insomnia dan ikterus

ü  Kadar hb yang rendah

 

Diagnosis

Kebanyakan demam setelah persalinan  disebapkan oleh infeksa nifas, akan tetpi kemungkinn sebab-sebab diluar alat genetalia harus dipertimbangkan jaga,dalam hal yang terakhir ini yang paling sering ditemukan  adalah radang saluran pernafasan (bronchitis dan pneumonia) pielonrefitis dan mastitis berhubungan ung dengan itu.perlu dilakukan pemeriksan yang seksama terhadap penyakit – penyakit diatas.

Pada penderita infeksi nifas perlu diketahui apakah infeksi terbatas pada tempat-tempat masuk nya kman –kuman kedalam (port d’entee) atau menjalar ke tempa-tempat itu.dalam minggu pertama biasanya gejala-gejala setempat belum menunjuk an dengan nyata adanya perluasan infeksi,yang lebih penting ialah gejala-gejala umum.seorang penderita dengan infeksi yang meluas dengan port d’entee tampaknya sakit,suhu meningkat dengan kadang-kadang disertai menggigil. nadi cepat dan keluhanya juga tidak banyak.

Jika ada fasilitas, pada penderita dengan infeksi nifas hendaknya diambil getah dari vagina sebelah atas pembiakan, dan pada infeksi yang tampaknya berat diambil darahnya maksud yang sama.usaha ini dilakukan mengetahui penyebap infeksi dan guna memilih antibiotika yang paling tepet pengobatan.

 

Pencegahan

1.   Masa kehamilan

Mencegah factor predisposisi seperti anemia.malnuteri isi dan kelemahan serta mengobati penyakit-penyakit yang didera ibu.begitu pula coitus pada hamil tua hendaknya dihindari atau dikurangi dan dilakukan hati-hati Karena dapat menyebapkan pecahnya ketuban.kalau ininterjadi infeksi akan mudah masuk dalam jalan lahir.

2.   Masa persalinan

·      hindari pemeriksan dalam berulang-ulang.lakukan bila ada indikasindengan seterilisasi yang baik.palagi ketuban mulai pecah

·      hindari parts terlalu lama dan ketuban pecah lama

·      jagalah seteilisasi kamar bersalin dan pakaian masker.alat-alat harus bersih per an-er an jalan lahir kaena tindakan baik pervagina maupun perabdominal dibersikan di jahi sebaik-baiknya dn dijaga seterilisasi

·      pakauan dan barang-baang atau alat-alat yang berhubungan unan dengan penderita harus dijaga kesterilnya

·      perdaahan yang  banyak harus dicegah bila terjadi darah yanh darah yang hilang harus segera diganti dengan trnfusi darah 

3.   Masa nifas

·       a -  a dirawat dengan baik jangan sampai kena infeksi  begitu pula alat-alat dan pakaian sert kain yang yang berhubungan dengan alat kandungan harus stiril

·      Pendari ita dengan infeksi nifas sebaiknya diisolasi  dalam ruagan khuss tidak bercampur dengan ibu sehat

·      Tamu yang berkunjung harus di batasi

 

 

 

 

Pengobatan

a.   sebaiknya segera dilakuan pembiakan dari secret vagina. a operasi dan darah serta uji kepekatan mendapatkan ontibiotka yang tepat dalam pengobatan

b.   berikan dalam dosis yang cukup dan adekuat

c.   karena hasil pemeriksn memerlukan waktu,maka berikan antibiotika spektum luas (broad spectrum)menunggu hasil spectrum

d.   pengobatan mempertinggi daya tahan tubuh penderita,infuse/tranfusi darah dberikan perawatan lainya sesuai dengan komplikasi yang di jumpai

 

 

 

Post a Comment

0 Comments