DIABETES MELITUS (KENCING MANIS)

APA ITU DIABETES MELITUS


Diabetes Melitus adalah penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar glukosa darah. Penyakit ini disebabkan oleh gangguan pada produksi, sekresi, atau penggunaan insulin oleh tubuh, yang menyebabkan terjadinya gangguan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti gangguan pada mata, ginjal, saraf, jantung, dan pembuluh darah.


BELANJA EASY TOUCH DI TOKOPEDIA

TANDA GEJALA DIABETES MELITUS 

  1. Rasa haus yang berlebihan 
  2. Perasaan lapar yang berlebihan 
  3. Buang air kecil yang berlebihan 
  4. Rasa lelah yang berlebihan 
  5. Berat badan turun secara drastis
  6. Keluhan nyeri otot dan sendi 
  7. Keputihan abnormal 
  8. Penglihatan kabur 
  9. Gatal-gatal pada kulit 
  10. Infeksi yang berulang

APA PENYEBAB DIABETES MELITUS 

Diabetes melitus (DM) adalah penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi selama jangka waktu yang lama. Penyebab utama DM adalah ketidakseimbangan hormon insulin dan glukosa. Ketika kadar insulin dalam tubuh tidak mencukupi, glukosa tidak dapat masuk ke sel-sel tubuh, sehingga glukosa terakumulasi dalam darah. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk: 1. Genetik: Beberapa orang memiliki gen yang berisiko tinggi untuk menderita diabetes. 2. Diet yang tidak sehat: Diet yang tinggi kalori dan rendah serat dapat meningkatkan risiko diabetes. 3. Obesitas: Orang yang obesitas memiliki risiko yang lebih tinggi untuk menderita diabetes




Bagaimana cara menentukan Penyakit Diabetes Melitus 

Penyakit diabetes mellitus dapat ditentukan dengan melakukan tes darah untuk mengukur kadar glukosa darah. Tes ini disebut tes glukosa darah. Jika hasil tes menunjukkan bahwa kadar glukosa darah adalah lebih dari 126 mg/dl dua kali, itu merupakan indikasi bahwa Anda mungkin menderita diabetes mellitus. Anda dapat memeriksakan diri ke dokter untuk melakukan tes lebih lanjut untuk memastikan diagnosis. Selain itu, dokter mungkin menyarankan Anda untuk melakukan tes A1C untuk mengetahui bagaimana kadar glukosa darah Anda berubah selama beberapa bulan.




Bagaimana cara mengatasi Penyakit Diabetes Melitus? 

  1. Berolahraga secara teratur: Olahraga secara teratur adalah salah satu cara terbaik untuk mengontrol diabetes. Berolahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin dan mengurangi glukosa darah.
  2. Makan makanan sehat: Memastikan untuk makan makanan yang sehat, seperti buah-buahan, sayuran, produk susu rendah lemak, dan protein dapat membantu mengontrol diabetes. Juga, cobalah untuk menghindari makanan olahan dengan tinggi kadar gula, lemak, dan natrium. 
  3. Mengurangi berat badan: Mengurangi berat badan juga dapat membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin dan mengurangi glukosa darah. 
  4. Menghindari alkohol dan merokok


Kekhawatiran penyakit keluarga seperti asam urat, diabetes, dan kolesterol biasanya kita ke laboratorium atau ke sarana kesehatan untuk check up. Saat ini kita bisa memeriksakan kesehatan sendiri dirumah dengan alat bernama easy touch. Jadi nggak usah capek capek lagi keluar rumah buat periksa. Sangat mudah cara pakenya siapapun bisa asal punya alatnya saja.

EASY TOUCH GCU


Deskripsi


EASY TOUCH GCU METER DEVICE merupakan alat yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan kadar gula darah, kolesterol, dan asam urat sekaligus. Alat test ini hanya dapat digunakan dengan menggunakan strip test EASY TOUCH GCU METER. Dalam 1 paket alat terdiri dari: 1. 1 unit alat atau mesin 2. 10 test strip gula darah 3. 10 test strip asam urat 4. 2 test strip kolesterol 5. Lancing atau pena jarum 6. 25 jarum lancet 7. Tas alat.
Indikasi Umum
Alat yang berfungsi untuk memeriksa kadar gula, kolesterol dan asam urat dalam darah dalam satu alat
Komposisi
Dalam 1 paket alat terdiri atas:1 unit alat atau mesin, 10 test strip gula darah, 10 test strip asam urat, 2 test strip kolesterol, lancing atau pena jarum, 25 jarum lancet, dan tas alat.
Dosis
Sesuai kebutuhan
Aturan Pakai
*Pengecekan gula darah, kolesterol, dan asam urat disesuaikan dengan warna chip dan strip masing-masing (Hijau untuk gula darah, Biru untuk kolesterol, dan Kuning untuk asam urat). Cara penggunaan : 1) Nyalakan alat dengan memasang baterai pada tempat yang sesuai. 2) Akan tampil format tanggal pada layar alat. Tampilan tersebut akan mati secara otomatis setelah beberapa saat. 3) Jika ingin cek gula darah, pasangkan chip berwarna hijau di belakang alat. Setelah itu, masukkan strip gula warna hijau dibagian atas alat. 4) Tampilan kode chip akan muncul pada layar alat, diikuti dengan gambar tetes darah berkedip. 5) Kemudian aplikasikan tetes darah pada strip (sesuai dengan tanda panah pada ujung strip). 6) Hasil akan terlihat setelah beberapa detik. 7) Cara yang sama dapat dilakukan untuk cek kolesterol atau asam urat (dengan warna chip dan strip yang sesuai).
Perhatian
Hanya dapat digunakan dengan mesin dan test strip yang sesuai. Tes strip berwarna hijau untuk mengukur kadar gula darah, sedangkan warna kuning untuk mengukur kadar asam urat, dan test strip berwarna biru untuk mengukur kadar kolestrol. Simpan di tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari secara langsung.
Golongan Produk
Alat Kesehatan & Medis Habis Pakai
Kemasan
Box @ 1 Piece
Manufaktur
BIOPTIC TECHNOLOGY
No. Registrasi
Kemenkes RI: AKL20101902214


Post a Comment

0 Comments