DETEKSI DINI AUTIS PADA ANAK PRA SEKOLAH

Bertujuan untuk mendeteksi secara dini adanya autis pada anak usia 18 – 36 bulan. Deteksi dilakukan jika ada indikasi atau keluhan dari orang tua/pengasuh atau ada kecurigaan dari tenaga kesehatan, kader, atau guru sekolah. Keluhan dapat berupa keterlambatan berbicara, gangguan komunikasi/interaksi sosial, atau perilaku yang berulang-ulang.
Alat atau instrument yang digunakan untuk mendeteksinya adalah CHAT (Checklist for Autism in Toddlers) yang berisi 2 jenis pertanyaan yaitu:
Ada 9 pertanyaan yang harus dijawab oleh ortu / pengasuh secara berurutan dan tidak ragu- ragu atau takut menjawab
Ada 5 pertanyaan berupa pengamatan/perintah bagi anak yang harus dilakukan secara berurutan seperti yang tertulis pada CHAT 
  



Cara pelaksanaan


·         Ajukan pertanyaandengan lambat, jelas dan nyaring, satu persatu perilaku yang tertulis pada CHAT kepada orangtua atau pengasuhanak.
·         Lakukan pengamatan kemampuan anak sesuai dengan tugas pada CHAT.
·         Catat jawaban orang tua/ pengasuh anak dan kesimpulan hasil pengamatan kemampuan anak.



Interpretasi

  1. Anak mempunyai risiko tinggi Autism jika menjawab “Tidak” pada pertanyaan A5 dan A7 serta tidak melaksanakan perintah B2, B3 dan B4.
  2. Anak mempunyai risiko rendah menderita autis jika menjawab “Tidak” pada pertanyaan A7serta tidak melaksanakan perintah B4.
  3. Anak kemungkinan mengalami gangguan perkembangan lain jika jawaban “Tidak” jumlahnya 3 atau lebih untuk pertanyan ke 1,4,6,8,9(A1,A4, A6, A8, A9) dan perintah B1 dan B5.
  4. Anak dalam batas normal bila tidak termasuk kategori diatas.

Intervensi

Apabila anak berisiko menderita autis atau kemungkinan ada gangguan perkembangan, rujuk ke rumah sakit sakit yang memiliki fasilitas kesehatan jiwa/tumbuh anak


BACA JUGA :

KONSEP TUMBUH KEMBANG NEONATUS, BAYI DAN BALITA

Post a comment

0 Comments