DETEKSI DINI GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN DAN HIPERAKTIVITAS (GPPH) PADA ANAK PRA SEKOLAH

Deteksi GPPH dilakukan pada anak usia 36 bulan keatas dan atas indikasi atau jika ada keluhan dari orang tua/pengasuh, serta ada kecurigaan dari tenaga kesehatan/kader. Keluhan dapat berupa:

Anak tidak bisa duduk tenangAnak selalu bergerak tanpa tujuan dan tidak mengenal lelahPerubahan suasana hati yang mendadak/impulsive

Alat yang digunakan adalah formulir deteksi dini GPPH yang berisi 10 pertanyaan yang harus dijawab oleh orangtua/pengasuh dan perlu pengamatan pemeriksa tentang keadaan anak. Berikut ini adalah tabel Formulir Deteksi Dini GPPH. Cara menggunakan formulir deteksi dini GPPH:


·         Ajukan pertanyaan dengan lambat, jelas dan nyaring, satu persatu perilaku yang tertulis pada formulir deteksi GPPH. Jelaskan kepada orang tua/pengasuh anak untuk tidak ragu-ragu dan takut menjawab.
·         Lakukan pengamatan kemampuan anak sesuai dengan pertanyaan.
·         Keadaaan yang ditanyakan/diamati pada anak dimanapun anak berada (misal: di rumah, sekolah dll) dan setiap saat dan ketika anak dengan siapa saja.
·         Catat jawaban dan hasil pengamatan perilaku anak selama dilakukan pemeriksaan. Teliti kembali apakah semua pertanyaan telah terjawab.


Interpretasi:


Beri nilai pada masing-masing jawaban sesuai dengan bobot nilai berikut dan jumlahkan nilai masing-masing jawaban menjadi nilai total. Ketentuan bobot nilai sebagai berikut:

·         Skore 0 jika keadaan tersebut tidak ditemukan pada anak.
·         Skore 1 jika keadaan tersebut kadang-kadang ditemukan pada anak
·         Skore 2 jika keadaan tersebut sering ditemukan pada anak.
·         Skore 3 jika keadaan tersebut selalu ada pada anak.

Jika total skore 13 atau lebih, kemungkinan anak mengalami GPPH. Jika total skore kurang 13 tetapi ragu, jadwalkan pemeriksaan, jadwalkan pemeriksaan ulang 1 bulan kemudian.


BACA JUGA :

KONSEP TUMBUH KEMBANG NEONATUS, BAYI DAN BALITA

Post a comment

0 Comments