EVIDENCE BASED DALAM ASUHAN NEONATUS


ASUHAN KEBIDANAN BBL DAN BALITA BERDASARKAN EVIDENCE BASED

A.     BABY FRIENDLY

Baby friendly atau dikenal dengan Baby Friendly Initiative (inisiasi sayang bayi) adalah suatu prakarsa internasional yang didirikan oleh WHO/ UNICEF pada tahun 1991 untuk mempromosikan, melindungi dan mendukung inisiasi dan kelanjutan menyusui. Program ini mendorong rumah sakit dan fasilitas bersalin yang menawarkan tingkat optimal perawatan untuk ibu dan bayi. Sebuah fasilitas Baby Friendly Hospital/ Maternity berfokus pada kebutuhan bayi dan memberdayakan ibu untuk memberikan bayi mereka awal kehidupan yang baik. Dalam istilah praktis, rumah sakit sayang bayi mendorong dan membantu wanita untuk sukses memulai dan terus menyusui bayi mereka dan akan menerima penghargaan khusus karena telah melakukannya. Sejak awal program, lebih dari 18.000 rumah sakit di seluruh dunia telah menerapkan program baby friendly. Negara-negara industri seperti Australia, Austria, Denmark, Finlandia, Jerman, Jepang, Belanda, Norwegia, Spanyol, Swiss, Swedia, Inggris, dan Amerika Serikat telah resmi di tetapka sebagai rumah sakit sayang bayi.


Dalam rangka mencapai program Baby Friendly Inisiative, semua provider rumah sakit dan fasilitas bersalin harus berpedoman pada sepuluh langkah menuju keberhasilan menyusui yaitu
1.      Sarana Pelayanan Kesehatan mempunyai kebijakan Peningkatan Pemberian Air Susu Ibu (PPASI) tertulis yang secara rutin dikomunikasikan kepada semua petugas.
2.      Melakukan pelatihan bagi petugas dalam hal pengetahuan dan keterampilan untuk menerapkan kebijakan tersebut.
3.      Menjelaskan kepada semua ibu hamil tentang manfaat menyusui dan penatalaksanaannya dimulai sejak masa kehamilan, masa bayi baru lahir sampai umur 2 tahun termasuk cara mengatasi kesulitan menyusui.
4.      Membantu ibu mulai menyusui bayinya dalam 30 menit setelah melahirkan yang dilakukan di ruang bersalin (inisiasi menyusui). Apabila ibu yang mendapat operasi Caesar, maka bayi disusui 3 menit setelah ibu sadar.
5.      Membantu ibu bagaimana cara menyusui yang benar dan cara mempertahankan menyusui meski ibu dipisah dari bayi karena indikasi medis
6.      Tidak memberikan makanan atau minuman apapun selain ASI kepada bayi baru lahir.
7.      Melaksanakan rawat gabung dengan mengupayakan ibu bersama bayi 24 jam sehari.
8.      Membantu ibu menyusui semau bayi semau ibu, tanpa pembatasan terhadap lama dan frekuensi menyusui.
9.      Tidak memberikan dot atau kempeng kepada bayi yang diberi ASI.
10.  Mengupayakan terbentuknya Kelompok Pendukung ASI (KP-ASI) dan rujuk ibu kepada kelompok tersebut ketika pulang dari rumah sakit, rumah bersalin atau sarana pelayanan kesehatan

B.     MEMULAI PEMBERIAN ASI DINI DAN EKSKLUSIF

1.      Inisiasi Menyusu Dini (IMD)
Protokol evidence based yang baru telah diperbarui oleh WHO dan UNICEF tentang asuhan bayi baru lahir untuk satu jam pertama menyatakan bahwa :
Bayi harus mendapat kontak kulit ke kulit dengan ibunya segera setelah lahir selama paling sedikit satu jam, bayi harus dibiarkan untuk melakukan inisiasi menyusu dan ibu dapat mengenali bayinya siap untuk menyusu serta memberikan bantuan jika diperlukan, menunda semua produser lainnya yang harus dilakukan kepada bayi baru lahir sampai dengan inisiasi menyusu selesai dilakukan.

Definisi
Inisiasi menyusu dini (early initation) atau permulaan menyusu dini adalah bayi mulai menyusu sendiri segera setelah lahir. Cara bayi melakukan inisiasi menyusu dini dinamakan the best crawl atau merangkak mencari payudara. Menurut Ketua Umum Sentra Laktasi Indonesia, dr.Utami Roesli, Sp.A,MBA,IBCLC., menjelaskan bahwa pada IMD, bayilah yang diharapkan berusaha untuk menyusu. Pada jam pertama, bayi berhasil menemukan payudara ibunya. Inilah awal hubungan menyusui antara bayi dan ibunya, yang akhirnya berkelanjutan dalam kehidupan ibu dan bayi.

Tata Laksana IMD
1.      Begitu lahir, bayi diletakkan diatas perut ibu yang sudah dialasi kain kering.
2.      Keringkan seluruh tubuh bayi termasuk kepala secepatnya.
3.      Tali pusat dipotong lalu diikat.
4.      Vernik (zat lemak putih) yang melekat ditubuh bayi sebaiknya tidak dibersihkan karena zat ini membuat nyaman kulit bayi.
5.      Tanpa dibedong, bayi langsung ditengkurapkan di dada atau perut ibu dengan kontak kulit bayi dan kulit ibu. Ibu dan bayi diselimuti bersama-sama. Jika perlu bayi diberi topi untuk mengurangi pengeluaran panas dari kepalanya. Sering kita khawatir bayi kedinginan. Menurut penelitian, jika bayi kedinginan, suhu kulit ibu otomatis akan naik dua derajat untuk mendinginkan bayinya. Kulit ibu bersifat termoregulator atau termal sinchrony bagi tubuh bayi.
6.      Bayi dibiarkan mencari putting payudara ibu secara mandiri. Ketika itu, ibu dapat merangsang bayi dengan sentuhan lembut. Biasanya, bayi siap minum ASI pada 30-40 menit setelah dilahirkan.
7.      Berbeda dengan bayi yang lahir dalam kondisi normal bisa menyusu kepada ibunya tanpa dibantu pada waktu sekitar satu jam, bayi yang lahir dengan operasi caesar kemungkinan keberhasilan IMD hanya sekitar 50% termasuk kelahiran bayi dengan penggunaan obat kimiawi ataupun medicated labor. Dalam proses IMD dibutuhkan kesiapan mental ibu. Ibu tidak boleh merasa risih ketika bayi diletakkan di atas tubuhnya. Saat inilah, dukungan dari keluarga, terutama suami, sangat dibutuhkan oleh ibu yang akan melakukan IMD usai melahirkan. Beberapa tindakan yang dapat dilakukan suami antara lain memberikan perhatian kepada istri, misalnya mengelus-elus rambut disertai mengungkapkan kalimat yang menenangkan hati
Keuntungan IMD
1.      Bagi bayi
·         Makanan dengan kualitas dan kuantitas yang optimal agar kolostrum segera keluar yang disesuaikan dengan kebutuhan bayi.
·         Memberikan kesehatan bayi dengan kekebalan pasif yang segera kepada bayi. Kolostrum adalah imunisasi pertama bagi bayi.
·         Meningkatkan kecerdasan.
·         Membantu bayi mengkoordinasikan hisap, telan dan nafas.
·         Meningkatkan jalinan kasih sayang ibu dan bayi.
·         Mencegah kehilangan panas.
·         Merangsang kolostrum segera keluar.

2.      Bagi ibu
·         Merangsang produksi oksitosin dan prolaktin.
·         Meningkatkan keberhasilan produksi ASI.
·         Meningkatkan jalinan kasih sayang ibu dan bayi

2.      ASI Eksklusif


Air Susu Ibu (ASI) merupakan satu-satunya makanan yang sempurna dan terbaik bagi bayi karena mengandung unsur-unsur gizi yang dibutuhkan oleh bayi untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi guna mencapai pertumbuhan dan perkembangan bayi yang optimal. ASI adalah hadiah yang sangat berharga yang dapat diberikan kepada bayi, dalam keadaan miskin mungkin merupakan hadiah satu-satunya, dalam keadaan sakit mungkin merupakan hadiah yang menyelamatkan jiwanya (UNICEF). Oleh sebab itu pemberian ASI perlu diberikan secara eksklusif sampai umur 6 (enam) bulan dan tetap mempertahankan pemberian ASI dilanjutkan bersama makanan pendamping sampai usia 2 (dua) tahun.
Kebijakan Nasional untuk memberikan ASI eksklusif selama 6 (enam) bulan telah ditetapkan dalam SK Menteri Kesehatan No. 450/Menkes/SK/IV/2004. ASI eksklusif adalah Air Susu Ibu yang diberikan kepada bayi sampai bayi berusia 6 bulan tanpa diberikan makanan dan minuman, kecuali obat dan vitamin. Bayi yang mendapat ASI eksklusif adalah bayi yang hanya mendapat ASI saja sejak lahir sampai usia 6 bulan di satu wilayah kerja pada kurun waktu tertentu.
Pemberian ASI eksklusif bukan hanya isu nasional namun juga merupakan isu global. Pernyataan bahwa dengan pemberian susu formula kepada bayi dapat menjamin bayi tumbuh sehat dan kuat, ternyata menurut laporan mutakhir UNICEF (Fact About Breast Feeding) merupakan kekeliruan yang fatal, karena meskipun insiden diare rendah pada bayi yang diberi susu formula, namun pada masa pertumbuhan berikutnya bayi yang tidak diberi ASI ternyata memiliki peluang yang jauh lebih besar untuk menderita hipertensi, jantung, kanker, obesitas, diabetes dll

C.    REGULASI SUHU BAYI BARU LAHIR DENGAN KONTAK KULIT KE KULIT
Termoregulasi adalah kemampuan bayi untuk menyeimbangkan antara produksi panas dan kehilangan panas untuk mempertahankan suhu tubuh dalam “kisaran normal” tertentu. Kemampuan ini sangat terbatas pada bayi baru lahir. Ini disebabkan ketika bayi lahir, belum matangnya sistem termoregulasi sehingga membuat bayi rentan terhadap perubahan suhu lingkungan.
1.      Fisiologi respons terhadap stres dingin Fisiologi respon terhadap stres dingin terdiri dari serangkaian reaksi, yang mencakup :
a.       Termogenesis tanpa menggigil : oksidasi jaringan adiposa coklat yang ditimbun sesudah usia gestasi 28 minggu dan terutama terdapat di sekitar skapula, ginjal, adrenal, leher dan aksila;


b.      Peningkatan aktivitas otot volunter;
c.       Pelepasan norepinefrin & tiroksin Vasokostriksi. Akselerasi metabolisme lemak coklat Meningkatnya kebutuhan oksigen dan, akibatnya, meningkatnya konsumsi glukosa Stress Dingin Terjadi hipoglikemia. Gangguan terhadap satu elemen termogulasi ini (atau lebih) akan memunculkan kelainan suhu tubuh. Bayi cukup bulan yang sehat akan menjaga agar tetap terjadi peningkatan laju metabolik guna menghasilkan panas selam beberapa menit hingga beberapa jam, bergantung kepada kondisi lingkungan. Setelah periode ini, sesuai situasinya, cadangan energi bayi akan habis dan kadar oksigen akan segera berkurang.

2.      Gejala Stres Dingin
Efek stres dingin menunjukkan adanya hubungan yang erat antara mekanisme metabolik, kardiopulmonal dan termogulasi. Kondisi yang cendrung membahayakan ini dapat menimbulkan peningkatan konsumsi oksigen; peningkatan pengurasan energi dan penurunan cadangan glikogen; timbulnya asidosis akibat vasokontriksi pulmonal.
Tabel 2.1 Gejala stres dingin

Sianosis Sentral
Hipoglikemia
Depresi SSP
Akrosianosis
Tubuh Dingin saat disentuh
Bradikardia
Sulit Makan
Distensi abdomen
Takipnea
Pernapasan tak teratur
Peningkatan residu
Gelisah
Apnea
Penurunan aktivitas
Penurunan refleks
Timbul bercak di kulit
Letargi
Hipotonia
Isapan yang lemah
Rewel
Menangis lemah

Semuanya akhirnya menyebabkan syok termal yang jika tidak ditangani menyebabkan kematian.
3.      Langkah-Langkah Menghindari Hipotermi
Ellis et al (2006) membuktikan bahwa hipotermia biasanya bersifat iatrogenik dan ada banyak langkah yang dapat kita ambil untuk menghindarinya.
·         Mekanisme kehilangan panas pada bayi
1)      Evaporasi adalah jalan utama bayi kehilangan panas. Kehilangan panas dapat terjadi karena terjadi penguapan cairan ketuban pada permukaan tubuh oleh panas tubuh bayi sendiri karena stelah lahir, tubuh bayi tidak segera dikeringkan. Kehilangan panas juga terjadi pada bayi yang terlalu cepat dimandikan dan tubuhnya tidak segera dikeringkan dan diselimuti.
2)      Konduksi adalah kehilangan panas tubuh melalui kontak langsung antara tubuh bayi dengan permukaan yang dingin. Meja, tempat tidur atau timbangan yang temperaturnya lebih rendah dari tubuh bayi akan menyerap panas tubuh bayi melalui mekanisme konduksi apabila diletakkan di atas benda-benda tersebut.
3)      Konveksi adalah kehilangan cairan tubuh bayi melalui paparan udara sekitar yang lebih dingin. Bayi yang dilahirkan atau ditempatkan di dalam ruangan yang lebih dingin akan mengalami kehilangan panas. Kehilangan panas juga terjadi jika konveksi aliran udara dari kipas angin, hembusan udara melalui ventilasi atau pendingin ruangan.
4)      Radiasi adalah kehilangan panas bayi karena bayi ditempatkan di dekat benda-benda yang mempunyai suhu lebih rendah daripada suhu tubuh bayi. Bayi bisa kehilangan panas karena benda-benda yang menyerap radiasi panas tubuh bayi (walaupun tidak bersentuhan langsung).

·         Langkah menghindari hipotermi
1)      Keringkan bayi dengan saksama setelah lahir tanpa membersihkan verniks.
2)      Singkirkan handuk basah.


3)      Pakaikan topi ke kepala bayi.
4)      Dekatkan bayi agar terjadi kontak kulit dengan ibu.
5)      Selimuti bayi dengan selimut atau kain bersih dan hangat.
6)      Bila menimbang, alasi timbangan dengan kain hangat.
7)      Hangatkan tangan dan alat sebelum digunakan.
8)      Pastikan pakaian, handuk dan linen sebelum digunakan dalam keadaan hangat.
9)      Jauhkan tempat tidur bayi dari dinding, jendela dan aliran udara.
10)  Sebaiknya, jangan menimbang atau memandikan bayi setidaknya 6 jam setelah lahir

4.      Cara Menghangatkan dan Mempertahankan Suhu Tubuh
a.       Kontak kulit dengan kulit (skin to skin contact)
World Health Organization’s Baby Friendly Initiative (BFI) telah mengidentifikasi kontak kulit dengan kulit sebagai faktor utama dalam terciptanya proses menyusui. Cochrane Collaboration Review (Anderson et al, 2006) juga menemukan adanya efek positif kontak kulit dengan kulit dini terhadap proses menyusui pada masa satu hingga tiga bulan pascakelahiran yang secara statistik amat bermakna.
Kehangatan tubuh ibu menjamin bayi untuk tidak perlu menyia-nyiakan energinya yang berharga guna mempertahankan suhu tubuh. Data terbaru menunjukkan bahwa tampaknya ada semacam “sinkronisasi suhu” antara ibu dan bayi ketika sedang berlangsung kontak kulit dengan kulit. Selain itu, sebuah riset dari China (Huang et al 2006) meneliti efek asuhan kulit ke kulit dan asuhan inkubator konvensional pada satu populasi bayi menunjukkan gejala hipotermia setelah seksio sesaria. Rerata suhu grup kulit ke kulit ditemukan sedikit lebih tinggi ketimbang suhu grup control.


Bayi dengan kontak kulit, biasanya suhu tubuhnya dipertahankan 36,5-37,5°C (suhu aksiler).
1)      Lekatkan kulit bayi pada kulit ibu, usahakan bayi dalam keadaan telanjang menempel kulit ibu.
2)      Beri kain hangat untuk menutupi bayi dan ibu.
3)      Suhu ruangan minimal 25°C.
4)      Ukur suhu tubuh bayi 2 jam setelah dilakukan kontak kulit.

b.      “Kangaroo Mother Care” (KMC) atau Perawatan Bayi Lekat (PBL)

 KMC adalah kontak kulit di antara ibu dan bayi secara dini, terus-menerus dan dikombinasi dengan pemberian ASI eksklusif. Tujuannya adalah agar bayi tetap hangat. KMC dapat dilakukan di rumah sakit atau di rumah setelah pulang
Manfaat KMC
a)      Ikatan emosi ibu dan bayi.
b)      Mempertahankan suhu tubuh bayi.
c)      Posisi bayi tegak akan membantu bayi bernafas secara teratur.
d)     Menyiapkan ibu untuk merawat bayi di rumah.
e)      Melatih ibu cara menyusui yang baik dan benar.
f)       Melatih bayi untuk menghisap dan menelan secara teratur dan terkoordinasi.

Cara KMC yang benar
a)      Letakkan bayi telanjang kecuali popok, topi, dan kaos kaki ke dada ibu di antara ke dua payudara dengan posisi tegak langsung ke kulit ibu dan menhadap ke ibu.
b)      Posisi bayi dalam “frog position” yaitu fleksi pada siku dan tangkai, kepala dan dada bayi terletak di dada ibu dengan kepala agak ekstensi.
c)      Tutupi bayi dengan pakaian ibu atau gendongan ditambah selimut yang hangat.
d)     Pastikan ibu dan bayi nyaman, bila ada dapat menggunakan baju khusus
e)      Bila tidak, ibu dapat menggunakan baju dengan ukuran besar dari badan ibu, dan ibu dapat memakai selendang yang dililitkan di perut ibu agar bayi tidak jatuh.
f)       Ibu dapat melakukan aktifitas sehari-hari sambil menggendong bayinya.
g)      Susui bayi setiap bayi mau

Keuntungan KMC
a)      Murah, aman dan mudah diterapkan
b)      Mempertahankan suhu tubuh bayi (kontak kulit dengan kulit)
c)      Proses latihan dan dukungan untuk ibu dan keluarga. d) Memperpendek perawatan di RS (bisa pulang lebih awal).
d)     Ibu dapat tetap bebas bergerak untuk aktifitas sehari-hari.
e)      Dapat memantau keadaaan bayi setiap saat.

D.    MEMOTONG TALI PUSAT

Dalam Asuhan Persalinan Normal Revisi 2008, memotong tali pusat dilakukan 2 menit setelah bayi lahir. Tali pusat dijepit dengan klem DTT pada sekitar 3 cm dari dinding perut (pangkal pusat) bayi. Dari titik jepitan, tekan tali pusat dengan dua jari kemudian dorong isi tali pusat kearah ibu. Lakukan penjepitan kedua pada jarak 2 cm dari jepitan pertama. Pegang tali pusat diantara kedua klem tersebut, satu tangan menjadi landasan tali pusat sambil melindungi bayi, tangan yang lain memotong tali pusat diantara 2 klem dengan menggunakan gunting DTT .
 Namun, adapun teori yang tetap membiarkan tali pusat tetap utuh dan berdenyut serta plasenta tetap dalam keadaan terletak, darah bayi baru lahir terus beredar, menunjang kesinambungan oksigenasi, perfusi dan koreksi pH (Mercer & Skovgaard, 2002). Ketika sirkusi tali pusat dipertahankan, Yao et al (1969) mengidentifikasi adanya peningkatan volume darah bayi yang bermakna. Ketika bayi dipertahankan dalam 1 menit maka 50% transfusi darah berlangsung dan 100% dalam 3 menit. Dan Haselhort et al (1930) yang dikutip dalam Peltonen (1981) mencatat bahwa terjadi transfusi darah hingga 82% dalam 5 menit, dan lajunya menjadi tidak terhitung lagi dalam 10 menit. Tinjauan terhadap bukti-bukti menunjukkan bahwa penundaan penjepitan tali pusat meningkatkan kadar hematokrit vena (Mercer, 2001). Terjadi peningkatan drastis angka  (hematokrit vena kurang dari 45%) pada bayi baru lahir yang tali pusatnya dijepit terlalu cepat. Kadar bilirubin plasma menjadi parameter hasil akhir yang lain, dan waktu penjepitan tali pusat tidak mempengaruhi angka hiperbilirubinemia (Cernadas et al, 2006).
Selain itu, ada pasangan yang memilih melakukan kelahiran lotus, yaitu membiarkan agar tali pusat tidak dipotong dan dibiarkan mengering dan terpisah secara alami pada umbilikus bayi (Buckley, 2005)

E.     PERAWATAN TALI PUSAT

Dalam Asuhan Persalian Normal, setelah tali pusat dipotong lalu tali pusat diikat dengan pengikat steril (baby cord clem) atau benang DTT.
Perawatannya dilakukan dengan cara :
1.      Jangan membungkus puntung tali pusat atau mengoleskan apapun / bahan lain ke puntung tali pusat.
2.      Mengoleskan alkohol atau povidon iodine masih diperkenankan, tetapi tidak dikompreskan karena menyebabkan tali pusat basah/lembab
3.      Berikan nasehat pada ibu dan keluarga sebelum meninggalkan bayi :
·         Lipat popok di bawah puntung tali pusat.
·         Jika puntung tali pusat kotor, bersihkan (hati-hati) dengan air DTT dan sabun segera keringkan secara saksama dengan menggunakan kain bersih.
·         Jelaskan pada ibu dan keluarga bahwa harus ke petugas atau fasilitas kesehatan, jika pusat berdarah, menjadi merah, bernanah dan/atau berbau

Sedangkan, perawatan pada kelahiran lotus dilakukan dengan cara : Plasenta dapat diperas, dikeringkan, diawetkan, dan dibungkus serta diselipkan di samping bayi. Proses transfusi plasenta pada setiap bayi berbeda-beda. Dan tali pusat akan mengering menjadi tendon dalam 48 jam, dan selanjutnya pemisahan dari umbilikus terjadi pada waktu yang bervariasi pada bayi, biasanya antara tiga dan sepuluh hari (Buckley, 2005)

DAFTAR PUSTAKA
Davies, Lorna dan Julie Richard. 2011. “Masa Peralihan Ibu dan Bayi Baru Lahir : Adaptasi dengan Kehidupan Ekstrauteri”dalam Lorna Davies & Sharon McDonald (ed.), Pemeriksaan Kesehatan Bayi Pendekatan Multidimensi (Cet. I). Jakarta : EGC.
Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2008. Pelatihan Klinik Asuhan Persalinan Normal (Cet. I). Jakarta: Dinkes RI.
Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. 2013. Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah tahun 2012. Semarang: Dinkes.
Handayani, Sri dan Setyo Retno Wulandari. 2011. Asuhan Kebidanan Ibu Masa Nifas (Cet. I). Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Ningrum, Ema Wahyu dan Johariyah. 2012. Buku Ajar Asuhan Kebidanan Persalinan & Bayi Baru Lahir (Cet. I). Jakarta: Trans Info Media.
Prasetyono, Dwi Sunar. 2012. Buku Pintar ASI Eksklusif Pengenalan, Praktik, dan Kemanfaatan-Kemanfaatannya (Cet. II). Yogyakarta: DIVA Press.
Saifuddin, Abdul Bari. 2006. Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal (Cet. IV). Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo. S
udarti dan Afroh Fauziah. 2012. Asuhan Kebidanan Neonatus Risiko Tinggi dan Kegawatan (Cet. I). Yogyakarta: Nuha Medika.
Sudarti dan Endang Khoirunnisa. 2010. Asuhan Kebidanan Neonatus, Bayi dan Anak Balita (Cet. I). Yogyakarta: Nuha Medika.
Yanti. 2010. Buku Ajar Asuhan Kebidanan Persalinan (Cet. I). Yogyakarta: Pustaka Rihama.


Post a Comment

0 Comments