LATIHAN SOAL UJI KOMPETENSI - SKB BIDAN - PPPK BIDAN (6)


Berikut ini adalah contoh latihan online soal PPPK Kesehatan Bidan. Mudah-mudahan dapat digunakan sebagai sarana latihan dapam mempersiapkan ujian PPPK Kesehatan Bidan. Semoga Bermanfaat dan sukses selalu








1. Berdasarkan laporan PWS KIA didapatkan bahwa cakupan KN4 desa A adalah 82%. Dibandingkan dengan target KN1 nasional dalam Renstra Kemenkes 2015-2019, cakupan tersebut?

A. Mencapai target

B. Melampaui target

C. Dibawah target

D. Sesuai target

E. Rendah dari target

JAWABAN A


2. Untuk menggambarkan kondisi demografi penduduk di suatu wilayah desa, laporan PWS KIA dapat dibuat dalam bentuk?

A. Naskah

B. Grafik

C. Tabel

D. Peta

E. Narasi

JAWABAN D


3. Dalam laporan PWS KIA, desa A memiliki cakupan diatas target yang ditetapkan, dan mempunyai kecenderungan cakupan bulanan yang meningkat atau tetap jika dibandingkan dengan cakupan bulan lalu. Berdasarkan data tersebut, status cakupan desa A adalah?

A. Baik

B. Kurang

C. Cukup

D. Jelek

E. Tetap

JAWABAN A


4. Seorang perempuan berusia 25 tahun hamil anak pertama 7 bulan datang ke RS ditemani tetangganya. Hasil pemeriksaan genetalia externa tampak kotor, lembab, berbau dan terdapat secret mukopurulent pada vulva. Bidan menyimpulkan kemungkinan penyakit menular seksual. Bidan menceritakan keadaan pasien pada tetanganya. Apakah pelanggaran kode etik yang dilakukan pada kasus tersebut?

A. Kewajiban terhadap tugasnya

B. Hak bidan terhadap diri sendiri

C. Tanggungjawab bidan terhadap profesinya

D. Kewenangan bidan terhadap klien dan masyarakat

E. Kolaborasi bidan terhadap sejawat dan tenaga kesehatan lainnya

JAWABAN C


5. Seorang bidan bekerja di poliklinik kebidanan di RS. Bidan memberikan pengarahan kepada stafnya sebelum memulai pelayanan. Apakah fungsi manajemen yang telah dilaksanakan bidan tersebut?

A. Organizing

B. Controling

C. Actuating

D. Planning

E. Staffing

JAWABAN A


6. Seorang bidan supervisor disalah satu RS melakukan keruangan bersalin, didapatkan bidan diruangan tersebut tidak mengisi partograf dengan benar. Kemudian supervisor mengajukan pengisian partograf. Apakah peran bidan yang sudah dilakukan pada kasus tersebut?

A. Menjalankan tugas fungsi

B. Patuh terhadap aturan

C. Penjaminan mutu

D. Administrator

E. Pelaksana

JAWABAN C


7. Seorang bidan sedang membuat pencatatan dan pelaporan PWS KIA. Dalam pencatatan bidan tersebut ditemukan bahwa target cakupan K1 adalah 90%. Diketahui pencapaian K1 bulan ini adalah 60% dari sasaran ibu hamil dan pencapaian cakupan K1 bulan lalu adalah 50%. Apakah trend dari pencatatan laporan bidan tersebut?

A. Menurun

B. Naik turun

C. Meningkat

D. Menetap/sama

E. Bergelombang

JAWABAN C


8. Seorang bidan desa melakukan pendataaan. Diketahui jumlah bayi pada bulan ini sebanyak 24 orang, yang melakukan KN1 ada 10 orang. Apakah tindak lanjut pada kasus tersebut?

A. Melakukan kunjungan rumah

B. Membuat atau memperbaharui peta neonatus

C. Menjalin kemitraan dengan kader dan dukun

D. Memastikan jumlah bayi yang KN1, KN2 serta KN3

E. Pemeriksaan manajemen terpadu bayi muda (MTBM)

JAWABAN A


9. Seorang Bidan di BPM karena jumlah persalinan perbulan meningkat lebih dari 20 pasien sehingga harus menambah 1 pesonil bidan sehingga ada 3 orang dan membagi sift kerja pagi siang dan malam. Apakah bentuk siklus pemecahan masalah pada kasus tersebut?

A. Plan (perencanaan)

B. Do (kerjakan)

C. Check (evaluasi)

D. Action (tindak lanjut)

E. Recheck (cek ulang)

JAWABAN C


10. Seorang bidan berusia 24 tahun bekerja di Rumah Bersalin untuk memperpanjang STR nya salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah mengikuti pelatihan midwifery update yang diselenggarakan oleh IBI cabang setempat. Apakah bentuk siklus pemecahan masalah pada kasus tersebut?

A. Plan (perencanaan)

B. Do (kerjakan)

C. Check (evaluasi)

D. Action (tindak lanjut)

E. Recheck (cek ulang)

JAWABAN C


Post a Comment

0 Comments