ENDOMETRIOSIS

 Definisi

Endometriosis adalah suatu keadaan dimana jaaringan endometrium yang masih berfungsi terdapat diluar kavum uteri. Jaringan ini yang terdiri atas kelenjar-kelenjar dan stroma.

 

Gambaran Klinis

-       Nyeri perut   bawah yang progresif dan dekat paha yang terjadi pada dan selama haid (disminorhoe).

-       Dispareunia

-       Nyeri waktu defekasi,khususnya pada waktu haid

-       poli- dan hipermenore

-       Infertilitas.


 

Patofisiologis

     Gambaran mikroskopis dari endometriosis sangat variabel. Lokasi yang sering terdapat ialah  pada ovarium dan biasanya disini didapati pada kedua ovarium. Pada ovarium terdapat kista-kista biru kecil sampai kista besar (kadang-kadang sebesar tinju). Berisi darah tua menyerupai coklat (kista coklat atau endometrioma).

     Darah tua dapat keluar sedikit-sedikit karena  pada dinding kista,dan dapat menyebabkan perlekatan antara permuka an ovarium dan uterus,sigmoid dan dinding pelvis. Kista coklat kadang-kadang bisa mengalir dalam jumlah banyak kedalam rongga peritonium karena robekan dinding kista,dan menyebabkan acuteri e abdomen.

 

Pencegahan

     Kehamilan merupakan pencegahan yang baik bagi endometriosis. Gejala-gejala endometriosis memang berkurang atau hilang pada waktu dan sesudah kehamilan karena regresi endometrium dalam sarang-sarang endometriosis.

     Oleh sebab itu hendaknya  perkawinan jangan ditunda lebih lama,dan sesudah perkawinan hendaknya diusahakan mendapat anak-anak yang diinginkan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Sikap demikian itu tidak hanya merupakan profilaksis yang baik terhadap endometrisis,melainkan menghindari terjadinya infertilitas sesudah endometriosis timbul.

 

Penanganan

-        Observasi dan pemberian analgetika

-        Pengobatan Hormonal

-        Pengobatan dengan pembedahan

       -       Pengobatan dengan radiasi

Post a Comment

0 Comments