PENGHITUNGAN SATUAN KREDIT PROFESI (SKP) UNTUK PROSES PERPANJANGAN STR BIDAN

Untuk menyiapkan bidan yang mampu memberikan pelayanan berkualitas dan menyiapkan generasi penerus bangsa, tanggap terhadap situasi terkini serta mampu mengatasi berbagai situasi kompleks yang dihadapi perempuan sepanjang siklus reproduksinya serta bayi dan balita sehat, dibutuhkan bidan yang kompeten dan selalu memelihara serta meningkatkan kompetensinya agar sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi di bidang kesehatan/kebidanan.

Kegiatan pendidikan berkelanjutan adalah berbagai kegiatan yang wajib dikuti oleh bidan melalui kegiatan pendidikan non formal, untuk meningkatkan dan memelihara pengetahuan dan keterampilan profesionalnya yang meliputi:

1. Kegiatan peningkatan pengetahuan (Kognitif) 

Kegiatan peningkatan pengetahuan (kognitif) merupakan suatu kegiatan/proses memperoleh dan memahami pengetahuan tertentu. Kegiatan ini wajib diikuti dapat berupa: simposium/ seminar/ workshop/ pertemuan ilmiah tahunan/sidang ilmiah dalam rapat kerja dan Kongres Nasional IBI. Dalam Kegiatan peningkatan pengetahuan ini, bidan dapat berperan sebagai peserta/pembicara/moderator/panitia baik kegiatan di tingkat lokal/regional/nasional maupun internasional. Selain kegiatan tersebut di atas, peningkatan pengetahuan dapat dilakukan melalui pembelajaran e-learning. Adapun perolehan nilai kredit mengikuti ketentuan yang berlaku. 

2. Kegiatan peningkatan keterampilan profesional 

Kegiatan peningkatan keterampilan profesional dapat berupa pelatihan (course), baik pelatihan klinis (psikomotor) maupun pelatihan non klinis. Pelatihan yang wajib diikuti oleh bidan adalah pelatihan Midwifery Update dan pelatihan klinis. Pelatihan klinis yang dimaksud dapat berupa pelatihan APN/PONED/CTU/ manajemen Laktasi/Pencegahan Infeksi/Resusitasi atau pelatihan klinis lainnya. Pelatihan non klinis misalnya: pelatihan tentang manajerial dan kepemimpinan, kewirausahaan, komunikasi dan lain-lain. 

SERTIFIKAT PENDIDIKAN BERKELANJUTAN 

Sertifikat kegiatan pendidikan berkelanjutan dikeluarkan oleh panitia penyelenggara dengan memperhatikan ketentuan sebagai berikut: 

  1. Tanda tangan harus asli dan menggunakan tinta biru 
  2. Tanda tangan Ketua penyelenggara di sebelah kanan sertifikat
  3. Mencantumkan nomor Surat Keputusan akreditasi dan SKP yang dikeluarkan oleh PP/PD IBI. 

A. PELAKSANAAN KEGIATAN PRAKTIK PROFESI/PELAYANAN KEBIDANAN 

Setiap kegiatan praktik profesi bidan akan diberikan SKP oleh PP/PD IBI. Penghargaan SKP diberikan pada bidan yang telah melaksanakan pelayanan kebidanan. Penghargaan atas kegiatan praktik profesi/pelayanan kebidanan diuraikan pada tabel berikut ini:

Penghitungan SKP Kegiatan Praktek profesi/pelayanan kebidanan


B. KEGIATAN PENDIDIKAN BERKELANJUTAN

Pemberian SKP pada kegiatan pendidikan berkelanjutan harus memenuhi ketentuan yang berlaku, sebagai berikut: 

Penghitungan SKP dalam pendidikan berkelanjutan

Keterangan: 
* untuk setiap makalah /materi 
** untuk satu kegiatan pendidikan berkelanjutan 
*** berlaku akumulasi setiap 8 jam




C. KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 

Penghargaan atas kegiatan pengabdian kepada masyarakat diuraikan pada tabel berikut ini:

Tabel  penghitungan SKP dalam Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat


D. KEGIATAN PENGEMBANGAN PROFESI 

Penghargaan atas kegiatan pengembangan profesi diuraikan pada tabel berikut ini: 

Tabel Penghitungan SKP dalam kegiatan pengembangan profesi 





E. KEGIATAN PENELITIAN DAN PUBLIKASI ILMIAH 

Penghitungan SKP kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah diuraikan pada tabel berikut ini: 

Tabel  Penghitungan SKP dalam Kegiatan Penelitian dan Publikasi Ilmiah


Keterangan : Seluruh bukti fisik yang digunakan dalam pemenuhan SKP tersebut di atas dapat menggunakan bukti fisik kegiatan yang dilakukan untuk pemenuhan kredit jabatan fungsional


Post a Comment

0 Comments